Gambar Bergerak

Maret, saya nafsu nulis dan ngobrol masalah film, karena saat ini ialah bulan film nasional, 30 Maret 1950, Usmar Ismail memulai hari pertama film “Darah dan Doa” film pertama produksi Republik Indonesia, karena modalnya ialah modal Indonesia. Tapi kita agak lari dulu, ke 90 tahun sebelumnya di Amerika Serikat.

ZOOPRAXISCOPE, KUDA, FOTOGRAFI

Apakah benar sebuah penemuan alat tertentu dapat mengubah sejarah? Tahun 1860-an, ada beberapa mesin yang dapat bekerja secara sederhana untuk menghasilkan gambar bergerak, salah satunya ialah Zoopraxiscope, atau “Roda Kehidupan”. Mesin pertama dipatenkan pada 1867 oleh William Lincoln, di Amerika Serikat yang menunjukkan gambar atau film animasi adalah perangkat yang bekerja dengan cara memindahkan gambar atau foto-foto itu dari piringan yang berputar ke sebuah celah untuk mengintip, yang menghasilkan potongan-potongan itu bergerak. Hal seperti ini dikenal dengan konsep Stop Motion Picture, yah, kayak avatar di forum-forum macam Kaskus dan kawan-kawan itulah, yang ekstensi filenya GIF. Macam inilah gambar yang biasa dinikmati di alat sederhana macam Zoopraxiscope saat itu.

Kenapa Zoopraxiscope? Karena melalui alat inilah, untuk pertamakali, fotografi berubah jadi sebuah bentuk baru, yang tadinya diam, sekarang bisa hidup dan bergerak. 1870, Celluloid telah dibaptis, setelah lahir di tahun 1856, dan seperti rol film yang kita kenal sekarang, gulungannya mampu membentuk rangkaian gambar, dan adalah Eadweard Muybridge yang merubah sejarah, berbekal 24 buah Kamera Fotografi, yang dikendalikan oleh kabel yang dipicu sentakan oleh kuda bernama Sallie Gardner, di Palo Alto, Amerika Serikat pada 19 Juni 1878, muncullah film fotografis pertama “Sallie Gardner at a Gallop” . Inilah filmnya yang pertama.

(potongan foto Muybridge, The Horse in Motion, yang dirubah ke dalam bentuk gerak disampingnya, “Sallie Gardner at a Gallop”)

(Eadweard James Muybridge)

Besok, kita akan lanjutkan dengan cerita mengenai Eropa, dimana disitu ada Skladanowsky bersaudara dari Jerman v.s. Lumière bersaudara dari Perancis, persaingan tentang siapa yang bisa membuat gambar bergerak bisa ditonton, merekam, serta memproses gambar di alat itu sendiri? Serta tempat pemutaran film pertama di atas kain proyeksi dan pemutaran untuk publik pertama di dunia. Hari ini segini dulu aja.

About these ads

One response to “Gambar Bergerak

  1. sebuah prinsip yang seharusnya benar2 dipegang teguh bagi seluruh masyarakat INDONESIA, yaitu mencintai SEJARAH.

    semoga info2 dari BLOG ini dapat membakar semangat para generasi muda untuk bersikap bijak terhadap sejarah, bukannya malah asik2 dengan GADGET yang lagi IN hari IN-ih.

    semangat BUNG EMGE!!
    om farhan always pride of u, hehe..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s